Tips Untuk Membaca Agar Efektif

Tips Untuk Membaca Agar Efektif

Tips Untuk Membaca Agar Efektif. Menghabiskan satu minggu dan bahkan satu bulan membaca satu buku tetapi berakhir dengan pemahaman minimum adalah kerugian besar. Mari kita ingat kembali, berapa banyak kegiatan lain yang bisa Anda lakukan dengan waktu yang lama itu? Belum lagi, berapa banyak waktu yang harus Anda habiskan bersama orang terdekat dan bersenang-senang?

Kita harus membuat proses membaca efektif. Cara membaca sesingkat mungkin dengan pemahaman sedalam mungkin. Jika Anda ingin membaca lebih banyak tetapi masih bisa menghabiskan banyak waktu bersenang-senang, mungkin tips di bawah ini akan sangat membantu Anda.

Posisi Membaca

Jika Anda ingin waktu membaca Anda menjadi efektif dan memiliki tingkat pemahaman membaca yang tinggi, jangan pernah membaca sambil berbaring! (kecuali jika Anda hanya ingin membaca novel atau komik untuk hiburan). Ambil sikap yang benar sehingga semua isi bacaan dapat masuk dengan sempurna dan bertahan lama dalam ingatan Anda. Duduk di kursi dengan buku di atas meja. Sesuaikan jarak mata Anda dengan buku itu. Idealnya 25-30 cm.

Tujuan membaca

Membaca tanpa tujuan seperti pengembara tanpa arah. Sangat penting untuk membuat tujuan yang jelas dalam membaca karena itu akan membuat hasil bacaan Anda maksimal.

Tujuan membaca akan membuat otak Anda lebih mudah untuk fokus pada hasil yang ingin Anda dapatkan. Ketika kita menetapkan tujuan membaca buku sejarah untuk menghafal nama karakter, otak kita akan menangkapnya sebagai perintah untuk berhenti dan memperhatikan setiap nama karakter yang muncul.

Hal lain ketika kita membaca buku-buku sejarah dengan maksud untuk mengetahui kronologi atau urutan kejadian. Otak kita akan menangkap tujuan itu sebagai sinyal atau perintah untuk merekam peristiwa dalam buku berdasarkan urutan waktu.

Apa yang Anda dapatkan dalam membaca akan sangat dipengaruhi oleh tujuan yang Anda buat sebelum membaca. Nah, pernahkah Anda menyelesaikan satu buku tetapi merasa tidak ada yang terlupa bahkan lupa isinya? Ini bisa jadi karena Anda belum membuat tujuan yang jelas ketika membacanya.

Gambaran besar

Baca tanpa gambar seperti penjelajah tanpa peta. Anda akan lebih mudah mempelajari sesuatu jika Anda sudah tahu apa gambaran besarnya.

Sebelum Anda memulai proses membaca, penting untuk mengetahui gambaran besar dari buku yang Anda baca. Buku jenis apa? Apa yang dibahas dalam buku ini? Bagaimana susunan / struktur diskusi? Anda bisa mendapatkan gambaran besar dalam bacaan dengan membaca daftar isi atau sinopsis buku.

Buat pertanyaan dan cari jawaban

Salah satu kebiasaan membaca yang kita miliki adalah bahwa kita tersesat dalam teks daripada konteks. Kami pikir cara maksimal untuk mendapatkan informasi dari sebuah buku adalah dengan menyelesaikan semua bab, tetapi ketika kami menutup halaman terakhir dari buku ini, kami tidak selalu mengingat hal-hal penting yang kami baca di dalam buku.

Perhatikan poin-poin penting di tepi buku saat membaca

Mencatat jelas merupakan strategi yang baik untuk mempertahankan retensi pengetahuan yang lebih baik. Jika ada paragraf tertentu atau bagian menarik dari sebuah buku, kami biasanya akan menyalin atau membuat penawaran, tetapi sebenarnya kami harus menggunakan kata-kata kami sendiri untuk meringkas makna dan memberikan kesan yang lebih kuat pada apa yang kami temukan menarik dalam isi buku.

Melalui proses ini, Anda akan belajar menjelaskan kepada diri sendiri tentang masalah utama. Jika Anda dapat menguraikan bagian ini tanpa ragu-ragu, Anda dapat memastikan bahwa Anda benar-benar memahami dan mencerna isinya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *